Cara Cloning Hard Disk dengan Norton Ghost Terbaru

Posted by http://ciie-dunia.blogspot.com/ on Tuesday 28 January 2014

Perkembangan internet kian hari kian melaju dengan pesat. Kondisi seperti ini bagi sebagian orang dibaca sebagai peluang usaha yaitu dengan membuka warnet (warung internet). Namun menjalankan bisnis warnet ini bukan tanpa kendala, Anda harus memiliki sumber daya manusia yang handal agar bisnis warnet dapat berjalan lancar. Salah satu keahlian yang harus dimiliki jika ingin membuka warnet adalah cloning harddisk.
Karena akan membuang waktu jika kita menginstall PC warnet dengan cara biasa satu per satu setiap PC. Belum lagi  kemudian menginstall aplikasi dan game-gamenya. Jika Anda melakukan hal seperti ini kemungkinan baru selesai sekitar 7 hari dengan estimasi 20 unit PC. Nah sebenarnya ada cara yang lebih cepat untuk melakukan installasi terhadap komputer yang memiliki spesifikasi yang sama, atau mirip yaitu dengan menggunakan program Norton Ghost.
Norton Ghost ini adalah sebuah software yang dapat digunakan untuk melakukan clone harddisk sehingga hasil harddisk clone akan sama persis dengan harddisk masternya. Dengan software ini Anda dapat menghemat waktu kerja Anda, anda tidak perlu pusing menginstall PC warnet Anda satu persatu baik windowsnya, drivernya ataupun game-gamenya. Anda tinggal menyiapkan Harddisk Master yaitu sebuah harddisk yang sudah lengkap dengan windows, driver, game-game, icon game di desktop dan sebagainya, pastikan harddisk master anda sudah benar-benar lengkap dengan program atau software yang Anda perlukan sehingga hasil clone nanti sudah fix dan tinggal pasang saja di computer client Anda.
Nah berikut adalah cara clone harddisk yang benar dan perlengakapan yang digunakan untuk melakukan cloning harddisk :
1. Siapkan software Norton Ghost jika anda tidak memilikinya silahkan download linknya berikut ini  Download Norton Ghost nah setelah Anda download file tadi silahkan anda burning file ISO tersebut kedalam CD. CD ini adalah CD Boottable dan otomatis akan mengeksekusi program Norton Ghost.
2. Siapkan Kabel Sata untuk harddisk secondary, pasangkan kabel harddisk tersebut ke IDE 2 atau Sata nomor 2.
3. Siapkan kabel power tambahan untuk power harddisk anda, jika PowerSupplay pada computer Anda hanya terdapat 1 kabel Power Sata Saja.
4. Pasang Harddisk Anda dengan hati-hati dan benar. Pastikan harddisk Master berada di SATA 1 kemudian harddisk Clone berada di SATA 2. Perhatikan gambar di bawah ini :
cloning harddisk
Pada gambar harddisk yang di pegang oleh tangan adalah harddisk clone (Harddisk Secondary 2), sedangkan harddisk yang menempel di cassing adalah harddisk Master (Harddisk Primary 1)
5. Setelah selesai semua terpasang dengan baik harddisknya dan CD Bootable Norton Ghost sudah Anda burning. Nyalakan komputer Anda masuk ke BIOS set first boot device dari CD-ROM masukkan CD Norton Ghost. Simpan Bios.
6. Setelah Boot Norton Ghost tampilan awalnya adalah seperti ini :
Norton Ghost
Klik Local –> Disk –> To Disk , kemudian akan muncul lagi permintaan untuk menunjukkan Harddisk Master cloning seperti gambar di bawah ini. Silahkan Anda klik nomor 1 kemudian klik OK.
cloning harddisk primary
Setelah langkah di atas Anda akan diminta lagi menunjukkan Drive tujuan cloning harddisk Anda. seperti gambar di bawah ini : Anda tinggal memilih harddisk nomor 2 kemudian tekan OK
norton ghost2
Kemudian akan muncul lagi konfirmasi yang menunjukkan partisi dari Harddisk Master ke Harddisk tujuan cloning :
norton ghost3
Jika Anda sudah merasa yakin silahkan lanjutkan dengan mengklik tombol OK. Kemudian Norton Ghost akan melakukan proses cloning seperti gambar di bawah ini :
cloning norton ghost 4
Tunggulah sampai 100% dan keluar notifikasi bahwa harddisk sudah berhasil selesai di cloning. Matikan PC komputer Anda lepas harddisk cloning dan ganti dengan harddisk lain yg akan di cloning, ulangi langkah2 di atas. Bagaimana mudah bukan melakukan cloning pada harddisk. Semoga Artikel Cloning Harddisk dengan Norton Ghost dapat bermanfaat untuk para pembaca kapsulpintar.com

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment