Bermain Framework YII Part -1

Posted by http://ciie-dunia.blogspot.com/ on Wednesday 27 November 2013


Halo sobat!  lama saya tak penulis blog, kali ini saya mau menulis artikel tentang ngoding lagi  pada pembahasan kali ini ngoding PHP mengguanakan Framework Yii. Framework Yii merupakan framework yang cukup oke dan cukup mudah di pelajarinya , yang terpenting Anda sudah terbiasa dengan PHP OOP.

Sebelumnya saya memang pernah memberikan postingan penggunaan Framework PHP pada Framework CodeIginiter (CI). Jika Anda sudah terbiasa dengan CI Anda akan sedikit mengalami kebingungan karena Yii tidaklah semudah CI. Tapi Anda jangan khawatir kalau sudah ada niat untuk belajar pasti semuanya dimudahkan hehehe 


Cara Menginstall Yii pada Linux

Tool yang diperlukan :
  1. PHP Server (Apache, Nginx, dll) atau jika Anda ingin mudah gunakan Xampp saja ( Download dihttp://www.apachefriends.org/en/xampp-linux.html ).
  2. Minimum menggunakan PHP 5.1.0
  3. Yii Framework (download di http://www.yiiframework.com/download/ )
Jika semua Tool di atas sudah terpenuhi, langkah berikutnya (Opsional) bagi pengguna XAMPP biasanya xampp itu di Install di /opt/lampp, maka file php itu terletak di /opt/lampp/bin/. Untuk mengantisipasi itu kita perlu menambahkan variabel $PATH dengan directory /opt/lampp/bin. Caranya sebagai berikut.
1PATH=$PATH:/opt/lampp/bin
2export PATH

Agar permanen Anda bisa menyimpannya di /etc/profile. Caranya : sudo gedit /etc/profile dan tambahkan /opt/lampp/bin pada baris PATH, jadi seperti ini.


Untuk Pengguna Windows (XAMPP).

Caranya lebih gampang lagi, Anda masuk ke cmd. Klik Start Menu lalu run, dan ketik cmd. Kemudian Anda tinggal ketik begini di cmd
1c:\xampp\bin\php c:\xampp\htdocs\yii\framework\yii.php webapp c:\xampp\htdocs\yiiku
Jika sudah langkah selanjutnya kita tinggal genarate code kita dengan yii caranya
1sudo php /opt/lampp/htdocs/yii/framework/yii.php webapp /opt/lampp/htdocs/yiiku


NB : Pada contoh gambar ini saya menginstall lampp di /home/opt jadi ada sedikit perbedaan, tapi tidak terlalu pengaruh yg terpenting Anda tahu di mana Anda menginstall Xampp Anda.
Sekarang Aplikasi Yii Anda Jadi deh. 

Untuk penjelasan lebih lanjut nanti di Part berikutnya ya... 

sumber :www.ciie-dunia.blogspot.com

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment