Winamp Tutup Usia Pada 20 Desember 2013

Posted by http://ciie-dunia.blogspot.com/ on Thursday 21 November 2013

Logo Winamp

Lintas Galaxi - Winamp, alat pemutar musik digital untuk perangkat komputer dan ponsel, telah menemani Anda selama 15 tahun. Tapi, tak lama lagi Winamp akan segera menjadi kenangan.

Pasalnya, dari catatan singkat di situs Winamp, alat pemutar musik itu tidak akan lagi tersedia untuk diunduh setelah tanggal 20 Desember 2013. Para penggunanya diharapkan mengunduh versi terakhir sebelum tanggal penutupan tersebut, seperti dilansir PC Mag, 21 November 2013.

Winamp sangat populer pada era tahun 1990-an sampai 2000 awal. Ketika itu, layanan internet Winamp paling banyak digunakan untuk musik dan radio. Tapi, saat iTunes dan Windows Media Player merambah dunia web, popularitas Winamp semakin ambruk.

Winamp pertama kali diluncurkan pada tahun 1997, pembuatnya adalah dua mahasiswa dari University of Utah, AS, Justin Frankel dan Dmitry Boldyrev. Winamp langsung menjadi populer ketika mengeluarkan layanan file sharing MP3.

Winamp sebenarnya terus mengembangkan layanan untuk bersaing dengan pemutar musik lainnya. Itu terbukti ketika AOL mengakuisisi Nullsoft (perusahaan pembuat Winamp) pada bulan Juni 1999 sebesar US$80 juta. 

Pada tahun 2011, Winamp pun telah merilis paltformnya untuk perangkat Android dam Mac. Tapi sayang, itu terlambat. Para pengguna Winamp sudah lebih dulu pindah ke platform pemutar musik lain.

Awal kehancuran Winamp mulai terasa pada ulang tahunnya yang ke-10 di tahun 2007. Saat itu, banyak penggunanya yang mulai beralih ke layanan musik digital yang lebih modern.

Menurut catatan, Winamp versi 5.55 yang dirilis pada tahun 2009 lalu adalah yang paling baik. Banyak media yang memberikan rating tinggi untuk Winamp 5.55, karena desain antarmuka yang ramping, sudah menampilkan informasi artis, dan peningkatan audio dan video playback.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment