China Kembangkan Proyek Rahasia, Komputer Super Canggih

Posted by http://ciie-dunia.blogspot.com/ on Thursday 21 November 2013

China kembangkan komputer yang dapat berubah bentuk struktur fisiknya layaknya sebuah gurita. [Foto ilustrasi]
Lintas Galaxi- Militer China diam-diam tengah mengembangkan komputer canggih. Peneliti negeri Tirai Bambu mengembangkan komputer yang dapat berubah bentuk struktur fisiknya layaknya sebuah gurita.

Dilansir South China Morning Post, Minggu 29 September 2013, dilaporkan komputer fleksibel itu diposisikan untuk menjalankan berbagai tugas, mulai melakukan komputasi ilmiah sampai menjalankan tugas keamanan cyber. Komputer itu juga disebut 100 kali lebih efisien dari komputer tradisional.

Sementara, menurut Xinhua, proyek pengembangan komputer ini termasuk proyek rahasia dari program pengembangan teknologi tinggi China atau State Hi-Tech Development Plan. Program yang dikenal dengan 863 Program, disokong penuh pemerintah China.

Xinhua menambahkan, pencapaian teknologi komputer fleksibel itu disebut oleh panel pakar komputasi China sebagai tonggak terobosan China dalam mengembangkan komputasi berkinerja tinggi.

Panel itu menegaskan, dengan mengembangkan proyek yang dipimpin Profesor Wu Jingxing, Presiden Teknik Informatika University of the People's Liberation Army, China telah berubah dari pengikut menjadi pemimpin dalam pengembangan teknologi komputasi. 

Pencapaian itu juga dapat memungkinkan negeri komunis itu mengembangkan chip komputer fleksibel, perangkat elektronik, program peranti lunak anti sabotase asing secara mandiri.

Kaget dan Ragu
Ada yang mendukung, tapi ada juga peneliti yang terkejut dan ragu dengan komputer itu. Misalnya peneliti sipil China.

Wakil Direktur Lembaga Komputasi Kinerja Tinggi Universitas Tsinghua, Profesor Wu Yongwei, mengaku cukup terkejut dengan pengembangan komputer canggih itu.

"Saya membaca berita soal itu, tapi saya tidak bisa mencari tahu apa sebenarnya yang dikembangkan itu," katanya.

Berdasarkan informasi yang ia dapat, Yongwei melihat fungsi komputer itu luar biasa. "Tapi untuk mengklaim proyek tersebut sebagai langkah yang pertama di dunia, pasti mereka harus melakukan hal yang luar biasa," ucap dia.

Hal senada juga disampaikan Profesor Chen Gang, ilmuwan super komputer Akademi sains Energi Fisika Tinggi China. Chen mengaku juga terkejut dan sekaligus meragukan mesin komputer itu segera digunakan dalam industri atau riset. 
sumber: www.ciie-dunia.blogspot.com

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment