Cari Bukti Kehidupan di Masa Lalu, NASA Akan Kembali Kirim Robot ke Mars

Posted by http://ciie-dunia.blogspot.com/ on Wednesday 10 July 2013


Foto situasi Mars yang diambil oleh robot NASA, Curiosity (EPA)
Washington - Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) akan kembali mengirimkan mesin robot penjelajah luar angkasa ke planet Mars pada tahun 2020 mendatang. Kali ini, robot penjelajah ini akan difokuskan pada pencarian tanda-tanda kehidupan masa lalu di planet merah tersebut.

Tim sains NASA telah merilis dokumen setebal 154 halaman berisi proposal untuk misi Mars selanjutnya. Perilisan ini dilakukan setelah tim melakukan proses perumusan selama 5 bulan. Misi ini akan menggunakan analisis mikroskopik untuk pertama kalinya di Mars. Demikian seperti dilansir AFP, Rabu (10/7/2013).

Robot ini nantinya akan mengumpulkan sampel bebatuan di Mars dan kemudian membawanya kembali ke bumi untuk dianalisis. Hasil analisis ini juga untuk tujuan penggunaan sumber daya alam yang ada di Mars demi perjalanan manusia di masa depan.

Misi ke Mars yang akan dilakukan pada tahun 2020 ini melanjutkan misi robot NASA Curiosity yang kini sudah ada di planet Mars. Sejak Agustus 2012 lalu, Curiosity telah menjelajah planet merah dan menemukan sejumlah potensi tanda kehidupan di planet tersebut.

"Misi ini merupakan langkah maju dalam pencarian tanda-tanda kehidupan," jelas Direktur Planetary Science Division NASA, Jim Green.

Robot yang digunakan dalam misi tahun 2020 nantinya, akan mengambil sekitar 31 sampel dari planet Mars dan kemudian membawanya kembali ke bumi. Namun, mengenai teknologi yang akan digunakan untuk memulangkan robot tersebut ke bumi, belum dibeberkan oleh NASA.

Pengelola divisi sains NASA lainnya, John Grunsfeld menuturkan, misi ini menjadi langkah besar bagi NASA untuk mencari jawaban atas pertanyaan besar yang selama ini menghantui, yakni mengirimkan manusia ke planet merah tersebut pada tahun 2030-an mendatang.

"Apakah kita melihat adanya bukti kehidupan masa lalu di lingkungan yang bisa ditinggali tersebut?" ucapnya mengenai tujuan misi NASA mendatang.

sumber:www.ciie-dunia.blogspot.com

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment