150 MACAM-MACAM DISTRO LINUX

Posted by Taufik Seumateu on Thursday, 2 May 2013

 DISTRO LINUX
            Distro LINUX adalah LINUX yang dibuat dengan memaketkan program tertentu berdasarkan source yang ada dan dikemas sedemikian rupa sehingga mempunyai tampilan atau fitur yang berbeda-beda sesuai dengan keinginan si pembuat distro. Ada distro yang berfokus pada server artinya distro tersebut lebih dioptimasi ke sistem server sehingga software atau program yang di paketkan adalah khusus untuk server saja contoh untuk distro ini antara lain : Trustix Secure Linux, Turbo Linux Server, Red Hat Enterprise Server, Server Optimize Linux (SOL), Mandrake Security dan masih banyak lagi contoh lainnya.
Ketika pengguna Linux baru berkenalan dengan Linux, biasanya mereka terbentur pada masalah distro yang akan dipakai/dipilih. Secara garis besar distro Linux sama yaitu menggunakan 'kernel' Linux, perbedaannya hanya pada paket program, program instalasi, organisasi direktori dan berkas, program aplikasi dan utilitas tambahan.

Distro Linux berbeda untuk kebutuhan yang berbeda. Dibawah ini merupakan beberapa distro Linux, diantaranya :
1. Lycoris
            Lycoris adalah distro linux yang telah membuat versi linux yang cantik dan menyerupai WinXP, dari segi warna,icon, maupun kemudahan-kemudahan yang ada. Dari tampilan-tampilan screenshot pada situsnya Anda dapat mengamati bahwa memang Lycoris merupakan distro Linux yang pintar mempercantik diri sehingga dengan menggunakan Lycoris Anda akan merasa bekerja dengan Windows XP. Bahkan OpenOffice yang dipaketkan dengan Lycoris memiliki icon-icon yang cantik dan khas Lycoris. Lycoris memiliki paket-paket yang berbeda, dan paket distro Linuxnya dinamakan Desktop /LX. Lycros memiliki fasiltias IRIS yaitu Internet Rapid Installer for Software untuk mengupdate Linux Anda dengan software-software baru. Hanya saja distro ini tidaklah gratis dan Anda perlu membayar dengan sejumlah "dollar US".

2. Xandros
            Xandros memiliki integrasi lebih baik dengan jaringan Windows, mampu menjalankan aplikasi OfficeXP, mampu meresize partisi NTFS saat instalasi, dll. Xandros juga bukan merupakan produk gratis tetapi komersial.
Secara singkat Xandros menawarkan kelebihan berikut:
• Lima langkah instalasi grafis yang mudah
• Manajemen partisi terintegrasi
• Tampilan yang familiar
• Aplikasi berkualitas dari para engineer Xandros
• Kompatibilitas dengan file format Microsoft
3. Lindows
            Lindows masih kalah dibanding Lycoris dalam segi kecantikan tampilan tetapi Lindows telah lebih matang dan telah mencapai versi 4.0. Fasilitas yang menarik dari Lindows adalah Click-n-Run yaitu fasilitas mendapatkan ribuan software Linux yang sudah dikonfigurasi untuk Lindows dengan sekali klik dan proses instalasi ini juga dapat menambahkan shortcut di desktop dan daftar program secara otomatis.Lindows juga merupakan produk komersial.

4. Linare
Linare memiliki distro Linux khusus desktop dan paket CPU yang sudah terinstall Linare. Linare masih jarang terdengar dan merupakan pendatang baru. Linare juga merupakan produk komersial.
5. Debian/GNU Linux
            Debian GNU/Linux adalah distro non komersial yang dihasilkan oleh para sukarelawan dari seluruh dunia yang saling bekerjasama melalui Internet. Distro ini menginginkan adanya semangat open-source yang harus tetap ada pada Debian. Kedinamisan distro ini membuat setiap rilis paket-paketnya di-update setiap waktu dan dapat diakses melalui utilitas apt-get. Apt-get adalah sebuah utilitas baris-perintah yang dapat digunakan secara dinamis untuk meng-upgrade sistem Debian GNU/Linux melalui apt-repository jaringan archive Debian yang luas. Milis dan forum debian selalu penuh dengan pesan-pesan baik mengenai bug, masalah, sharing, dll. Dengan adanya sistem komunikasi ini bug dan masalah keamanan pada tiap paket dapat dilaporkan oleh para pengguna dan pengembang Debian dengan cepat. Keuntungan dari Debian adalah upgradability, ketergantungan antar paket didefinisikan dengan baik, dan pengembangannya secara terbuka.
6. Linux-Mandrake
            Linux-Mandrake adalah salah satu distro turunan dari Red Hat Linux yang menyediakan banyak pengembangan dan aplikasi 'pre-configured' dan didukung banyak bahasa di seluruh dunia. Distro ini dikenal mudah untuk pemula dan cocok untuk kelas desktop tapi tidak menutup kemungkinan untuk dijadikan platform pada server. Optimasi untuk prosesor kelas Pentium ke atas membuat Linux-Mandrake dapat berjalan dengan baik pada platform tersebut.
7. Red Hat Linux
            Red Hat adalah distro yang cukup populer di kalangan pengembang dan perusahaan Linux. Dukungan-dukungan secara teknis, pelatihan, sertifikasi, aplikasi pengembangan, dan bergabungnya para hacker kernel dan free-software seperti Alan Cox, Michael Johnson, Stephen Tweedie menjadikan Red Hat berkembang cepat dan digunakan pada perusahaan. Poin terbesar dari distro ini adalah Red Hat Package Manager (RPM). RPM adalah sebuah perangkat lunak untuk memanajemen paket-paket pada sistem Linux kita dan dianggap sebagai standar de-facto dalam pemaketan pada distro-distro turunannya dan yang mendukung distro ini secara luas.

8. Slackware
            Distronya Patrick Volkerding yang terkenal pertama kali setelah SLS. Slackware dikenal lebih dekat dengan gaya UNIX, sederhana, stabil, mudah dikustom, dan didesain untuk komputer 386/486 atau lebih tinggi. Distro ini termasuk distro yang cryptic dan manual sekali bagi pemula Linux, tapi dengan menggunakan distro ini beberapa penggunanya dapat mengetahui banyak cara kerja sistem dan distro tersebut. Slackware adalah tertua yang masih tegar bertahan di segala jaman. Hari ini dengan bangga merilis generasi barunya Slackware versi 11 diantara gelombang peluncuran distro-distro besar lainnya seperti Mandriva 2007 dan tidak lama lagi Fedora 6.

9. Turbo Linux
            Turbo Linux merupakan salah satu distro Linux yang diminati oleh perusahaan dan perorangan di Jepang dan Asia. Produk berbasis Linux dengan kinerja tinggi ini dimanfaatkan untuk pasar workstation dan server terutama untuk penggunaan clustering dan orientasinya ke perusahaan. Beberapa produk-produknya: TurboLinux Workstation untuk dekstopnya, TurboLinux Server untuk backend server dengan kinerja tinggi terutama untuk penggunaan bisnis di perusahaan, e-commerce dan transaksi B2B (Business-to-Business).
10. Knoppix
            Knoppix merupakan distro Linux live-cd yang dapat dijalankan melalui CD-ROM tanpa menginstalnya di hard-disk. Aplikasinya sangat lengkap dan cocok untuk demo atau belajar Linux bagi yang belum mempunyai ruang pada hard-disknya, dapat juga untuk CD rescue. Kelemahan dari knoppix adalah diperlukannya memori yang besar untuk menggunakan modus grafisnya yaitu 96 MB walaupun bisa juga dijalankan pada memori 64 MB dengan swap pada hard-disk seperti pengalaman penulis tapi Anda perlu sedikit bersabar. Distro ini berbasis Debian GNU/Linux
11. Ubuntu
            arti Ubuntu diketahui hampir semua geek, definisinya adalah “sebuah kata Afrika yang berarti ‘kemanusiaan untuk semuanya’ atau ’saya dibentuk oleh kita semua’. Distribusi Ubuntu membawa semangat Ubuntu ke dunia perangkat lunak.”
12. PCLinuxOS
            cukup jelas, nama ini berasal dari PC + Linux + Operating System. PCLinuxOS memiliki GUI yang mirip dengan Windows untuk memudahkan transisi pemakai ke Linux. Oleh karena itu mereka menggunakan kata PC (walaupun sebenarnya PC tidak ekslusif untuk Windows).
13. openSUSE
            adalah sebuah proyek SUSE open source yang disponsori Novell dan AMD. SUSE adalah akronim dalam bahasa Jerman untuk “Software- und System-Entwicklung” (pengembangan perangkat lunak dan sistem). Akan tetapi ada juga yang mengatakan bahwa nama SUSE dipakai untuk menghormati insinyur Konrad Zuse.
14. Fedora
            adalah sebuah proyek Linux komunitas yang disponsori Red Hat. Nama Fedora” ini diambil dari jenis topi (fedora) yang dipakai oleh pria di logo Red Hat.
15. Mandriva
            distribusi Linux ini berasal dari Mandrake Linux yang dibuat oleh MandrakeSoft, akan tetapi MandrakeSoft kalah dari Hearst Corporation dalam hak penggunaan nama “Mandrake.” MandrakeSoft kemudian membeli Connectiva, dan hasil pencampuran ini disebut Mandriva.
16. Sabayon
            sebuah distribusi yang dibuat di Trentino, Italia dan dinamakan mengikuti nama sebuah hidangan penutup Italia yang disebut Sabayon. Sabayon dibuat dari telur kuning, gula dan alkohol manis.
17. Debian
            pertama kali diperkenalkan Ian Murdock di tahun 1998. Nama Debian sendiri diambil dari nama pacarnya(sekarang istri) Debra dan namanya Ian.
18. Damn Small Linux
            sebuah distro Linux dengan ukuran hanya 50MB, sesuai dengan namanya.
19. MEPIS
            Menurut pencipta MEPIS Warren Woodford, MEPIS tidak berarti apapun, ia hanya salah mendengar temannya yang berbicara melalui koneksi Skype yang buruk, dan menyukai nama ini.
20. FreeBSD
            memang secara teknis bukan Linux, tetapi mereka tetap bersaudara dan menduduki peringkat 11 di distrowatch. BSD adalah sebuah turunan Linux yang dikembangkan di University of California Berkeley. BSD sendiri adalah akronim untuk Berkeley Software Distribution. FreeBSD adalah saudara dari distro BSD.
21. CentOS
            berbasis Red Hat Enterprise Linux (RHEL) dan merupakan akronim dari Community Enterprise Operating System.
22. DreamLinux
            sebuah distro turunan Debian berasal dari Brazil dan berpenampilan sangat mirip dengan Mac OS X. Tidak ada sejarah di belakang nama ini, hanya campuran dari dream dan Linux.
23. Puppy Linux
            sebuah distribusi live CD yang mengutamakan kemudahan pakai. Distro ini memiliki maskot yang bernama “Puppy” yang merupakan seekor Chihuahua asli.
24. Kubuntu
            hanya KDE + Ubuntu saja.
25. Zenwalk
            cukup membingungkan. Saat mengunjungi situs mereka, tagline mereka berbunyi “ever tried zen computing?,” jadi bagian Zen sudah jelas. Tetapi bagian “walk” dengan logo lumba – lumba? Lumba – lumba bahkan tidak dapat berjalan. Saya menulis email kepada JP Guillemin, pencipta distro tersebut untuk meminta penjelasannya. Jawabannya: “Hi, Zenwalk digunakan agar berbunyi mirip seperti Nextstep, Os terkenal yang diciptakan Steve Jobs saat dipecat oleh Apple.”
26. Slackware
            diciptakan oleh Patrick Volkerding. Slackware pada awalnya adalah sebuah proyek pribadi, dan agar tidak menjadi serius, Patrick menamakan proyek ini “slack” dari Church of SubGenius yang berarti keadaan di mana seseorang menggunakan energi seminim mungkin untuk hidup.
27. Knoppix
sebuah distro Live CD yang diciptakan Klaus Knopper dan dinamakan berdasarkan namanya sendiri.
28. Gentoo
            distro berbasis source code yang semua aplikasi harus dikompilasi dari awal untuk memaksimalkan kecepatan. Fakta ini mengubah namanya (pada awalnya Enoch) menjadi Gentoo, yaitu jenis penguin perenang tercepat.
29. Slax
            sebuah distro Live CD berbasis Slackware, begitu juga namanya.
30. Sidux
            sebuah distro Linux berbasis versi unstable Debian dengan kode nama “Sid” yang diambil dari karakter Sid selera humor.
31. Ubuntu Studio
            hanya sebuah turunan Ubuntu yang dikhususkan untuk produksi multimedia.
32. PC-BSD
            sebuah distro berbasis BSD, dibuat untuk kemudahan instalasi dengan program GUI dan mudah dipakai dengan desktop KDE sebagai pilihan default, sehingga diberikan nama PC di depannya.
33. Xubuntu
XFCE + Ubuntu.
34. Foresight
            sebuah distro yang menggunakan Conary sebagai package manager yang memiliki fitur rolling update, tidak seperti kebanyakan distro yang hanya memberikan update besar dua kali setahun. Sebagai contoh, saat Banshee muncul bulan depan, para pemakai Foresight akan memiliki aplikasi terbaru ini dalam waktu kurang dari 1 minggu, sedangkan para pemakai Ubuntu harus menunggu hingga bulan Oktober. Nama Foresight diambil karena anda akan mendapatkan aplikasi terlebih dahulu dibandingkan distro – distro lain.
35. DesktopBSD
dari situsnya: “DesktopBSD bertujuan menjadi OS stabil dan kuat untuk para pemakai desktop

36. Red Hat

            nama dan logo ini memiliki beberapa cerita yang sangat menarik. Cerita – cerita ini akan dijelaskan oleh salah satu penemu Red Hat Bob Young.
37. OpenGEU
            pada awalnya dinamakan Geubuntu, yaitu sebuah distro berbasis Ubuntu yang menggunakan GNOME dan Enlightenment sebagai window manager (”G” dan “E”). Akan tetapi karena beberapa masalah legal, kemudian nama ini diubah menjadi OpenGEU.
38. Elive
salah satu distro berbasis Debian yang menggunakan Enlightenment sebagai window manager.
39. Freespire
            di bulan Agustus 2005, sebuah distro Live CD berbasis Linspire dinamakan Freespire dipublikasikan di internet secara tidak sengaja. Distro ini pada akhirnya berevolusi menjadi distro sendiri. Linspire pada awalnya dinamakan “Lindows” akan tetapi salah seorang karyawan divisi legal Microsoft melanggar merk “Windows” mereka dan mengajukan tuntutan. Microsoft akhirnya kalah di pengadilan, kemudian mereka memutuskan untuk membayar $20 juta kepada Lindows untuk mengganti namanya menjadi Linspire.
40. Frugalware
            saya tidak dapat menemukan sejarah nama yang terdokumentasi, akan tetapi kemungkinan besar nama ini diambil dari frugality yang berarti filosofi di mana seseorang tidak percaya kepada pengetahuan “ahli” dari pasar komersiil atau kebudayaan korporat.
41. Fluxbuntu
            lagi – lagi distro berbasis Ubuntu. Kali ini menggunakan Fluxbox sebagaii window manager.
42. Xandros
diambil dari nama X Windows system dan kepulauan Yunani Andros.
43. TinyME
sebuah distro berbasis PCLinuxOS yang kecil, namanya diambil dari dua kata “tiny” dan “me”.
44. gOS
            sebuah distro berbasis Ubuntu yang memiliki integrasi kuat dengan aplikasi Google, huruf “g” ini diambil dari Google. gOS adalah kepanjangan dari ‘Good OS LLC’ yaitu nama perusahaan yang membuat distro ini.
45. Backtrack
            sebuah distro sekuriti dan penetration testing yang memiliki berbagai alat sekuriti dan forensik. Nama ini diambil dari kegunaan distro ini, yaitu “back tracing” (menelusuri ulang) sang pengganggu.
Jika ada yang kurang, silahkan ditambahkan. Maaf sebelumnya, logo-logo distronya belum gue upload. Masih googling gitu. Kalo udah ketemu, pasti gue upload dah.
46. KULIAX
            Kuliax adalah sebuah distribusi Linux LiveCD yang dikembangkan oleh Kuliax Project untuk pendidikan di universitas. Distribusi ini berbasis Debian GNU/Linux dan Knoppix, serta telah dioptimasi ke arah penggunaan desktop Linux
47. Linux Mint 
            Linux Mint adalah sistem operasi berbasis Linux untuk PC.Inti dari LinuxMint adalah Ubuntu, sehingga aplikasi yang dapat berjalan di Ubuntu, juga bisa berjalan pada LinuxMint.

 48. Linux Xnuxer
            Masih ingat Dani Firmansyah? Pria bernama alias Xnuxer ini sempat membuat heboh karena mengubah tampilan situs resmi KPU saat Pemilu. Juli lalu, Dani mengumumkan peluncuran distro Linux hasil oprekannya. Distro yang menurut Dani dikerjakan sendirian selama 7 hari 7 malam itu diberi nama Xnuxer Linux versi 1. Distro ini disebarkan dalam bentuk live CD yang dapat dijalankan tanpa instalasi.
49. Caldera Linux
            Caldera Linux merupakan salah satu jenis linux yang dirancan untuk mempermudah pemakaian bagi penggunanya. Caldera sendiri dirancang dengan tampilan keseluruhan dengan grafis. Sejak saat kita melakukan penginstallan linux Caldera ini, hingga kita melakukan Setting Hardware semuanya dilakukan dengan tampilan grafis. yang mengagumkan dari Linux Caldera ini adalah pada saat kita melakukan penginstallan Linux Caldera ini, kita disuguhi game tetris untuk mengisi waktu yang luang, sambil menunggu transfer prigram yang berjalan.
Selain itu Caldera merupakan jenis linux yang pertama yang menggunakan Auto-Detect Hardware ( seperti plug and play pada Mac). Untuk penjelasan yang lebih lengkap dan juga informasi yang akurat anda
50. Corel Linux
            Corel Linux merupakan salah satu sistem operasi berbasis Linux yang dibuat oleh salah satu distribusi Linux, yaitu Debian. Corel Linux sama seperti Linux lainnya, mendukung sistem operasi sistem open source dibawah naunan GNU. Corel Linux dapat anda beli Via internet dengan harga yang sangat terjangkau, jauh dari harga linux OS lainnya.
Corel Linux dapat langsung diinstal dengan atau tanpa sistem operasi yang lain. Corel Linux juga bisa diinstall pada partisi dan file sistem windows, yang menjadikan Corel Linux seolah-olah adalah program aplikasi Windows.
slah satu yang menarik dari Corel Linux adalah Semuanya serba grafis. Corel Linux juga dirancang sebagai end-User. Pada Corel Linux semuaya serba grafi, dimulai pada saat prosedur Instalasi hingga boot sistem. Anda tidak akan menemukan basis text seperti yang ada di Linux lainnya, atau juga windows yang masih basis text. Dicorel Linux semuanya serbadisederhanakan. bahkan sampai pada setting jaringanpun lebih mudah dari pada setting jaringan pada Windows.
Akan tatapi ada sedikit kekurangan pada Corel Linux ini, terutama bagi pengguna yang sudah mahir. Mereka akan binging dengan tampilan yang serba grafis yang diberikan oleh Corel Linux. Untuk Informasi yang lebih detail anda dapat mengunjugi di situsnya yaitu di
51. Edubuntu
            Sebuah SISTEM Operasi Lengkap REKOMENDASI ​​INDEKS Linux ditujukan * Bagi Siswa-siswi Sekolah Ditempatkan Dan Sekolah Menengah Date Nilai. Edubuntu Tersedia Mencari Google Artikel Bebas dukungan Komunitas. Komunitas Edubuntu dibuat Atas keabadian ide dalam manifesto Edubuntu yakni perangkat lunak, terutama untuk Pendidikan, seharusnya Tersedia secara gratis Dan software-nya seharusnya Siaran dan hiburan digunakan Dibuat BANYAK orangutan dalam bahasa lokalnya Dan meskipun kurang sesuai Mencari Google Artikel tata bahasa Lokal masing-masing. Sejak Versi 8.04, Edubuntu tangguhan telah Bernama Ubuntu Education Edition Dan telah dibuat sebagai add-on untuk SISTEM Operasi Ubuntu.
52. Gobuntu
            adalah turunan terbesar OS bahasa Dari SISTEM Operasi ubuntu, bertujuan untuk menyediakan Distribusi Yang sepenuhnya terdiri bahasa Dari perangkat lunak bebas. Secara terbesar OS telah diumumkan Dibuat Mark Shuttleworth PADA Tanggal 10 Juli 2007, Dan dimulai Mencari Google Artikel Gobuntu Versi 7.10 dirilis Ke Publik. Proyek berhenti sekitar Rilis Versi 8,04 'perangkat lunak bebas juta rupiah telah Bergabung Ke arus utama Ubuntu sebagai OPSI.
Joli Joli OS OS (dahulu bernama Jolicloud) adalah pengembangan dan Pra-beta pengujian. Joli OS dibangun di atas Debian dan Ubuntu 9.10, tetapi tweak untuk lebih cocok untuk komputer yang memiliki spesifikasi yang lebih lemah dalam hal disk, memori penyimpanan dan ukuran layar. Hal ini dirancang untuk berjalan pada komputer netbook yang relatif rendah bertenaga.
53. HP Mi
            Berdasarkan Ubuntu 8,04 LTS, yang dirancang oleh Canonical dan HP untuk digunakan pada HP Mini 1000 dan 110 netbook seri.Impi Linux Afrika Selatan dan berfokus pada perusahaan dan sektor pemerintah.Karoshi Sebuah distribusi PCLinuxOS sebelumnya berbasis dirancang untuk digunakan di sekolah.
54. Kuki Linux           
            Ringan Ubuntu berbasis distribusi Linux didirikan oleh João Ferro, dibangun untuk menjadi pengganti untuk distribusi Linux Linpus Lite pada Acer Aspire One.
Leeenux Linux Berdasarkan Ubuntu, untuk Asus Eee PC dengan 7 "layar
55. LinuxMCE (Linux Media Center Edition)
Kubuntu berbasis distribusi yang menyediakan mendalam fungsi HTPC serta otomatisasi rumah.
56. LinuxTLE Sebuah distribusi Linux Thailand.
57. LliureX Sebuah distribusi oleh Generalitat Valenciana
58. LOUD (LCSEE Optimized Ubuntu Distribusi)
            Sebuah distribusi Ubuntu yang digunakan di West Virginia University. Ini berisi beberapa paket pendidikan khusus maupun tema sendiri dan manajer login.
59. Macbuntu Macintosh OS X gaya derivatif.
60. MAX Singkatan Madrid Linux.
61. Molinux
            inisiatif berbasis Ubuntu untuk memperkenalkan Castile-La Mancha masyarakat di Spanyol untuk masyarakat informasi.
62. moon OS
            menggunakan window manager Enlightenment dan juga memiliki versi LXDE, dan didasarkan pada rilis LTS.
63. Nova Kuba
 yang disponsori negara distribusi dikembangkan di University informasi ilmu pengetahuan di Havana. Sebelumnya berdasarkan Gentoo.
64. Netrunner A
            (K) Ubuntu distribusi berbasis dengan KDE sebagai desktop. Disponsori oleh Sistem Biru (juga mensponsori MintKDE).
65. nUbuntu (Jaringan Ubuntu)
            Berdasarkan Ubuntu. Tersedia sebagai Live CD dan Install lengkap dengan peralatan yang diperlukan untuk penetrasi-pengujian server dan jaringan.

66. OpenGEU Ubuntu
             distribusi berbasis dengan manajer Pencerahan jendela, sebelumnya dikenal sebagai Geubuntu.antarmuka utamanya adalah Xfce tetapi ada juga rilis GNOME tersedia. Ada juga rilis yang diarahkan aplikasi web centric.
67. Peppermint OS
 Sebuah ringan LXDE distribusi untuk aplikasi awan melalui Mozilla Prism. Berdasarkan Lubuntu
68. Pinguy OS
            Sebuah distro berbasis Ubuntu untuk orang-orang yang belum pernah menggunakan Linux sebelumnya atau untuk orang yang ingin out-of-the-box bekerja OS tanpa harus men-tweak instalasi baru dari Ubuntu atau distro berbasis Ubuntu.

69. Poseidon Linux
            Untuk penggunaan akademis dan ilmiah. Berdasarkan Ubuntu, tetapi ditingkatkan dengan misalnya GIS / peta, pemodelan numerik, 2D/3D/4D visualisasi, statistik, alat untuk membuat grafis sederhana dan kompleks, bahasa pemrograman.

70. PSUbuntu distribusi Ubuntu dimaksudkan untuk PlayStation 3.
71. puredyne
            puredyne adalah distro hidup dikembangkan untuk menyediakan seniman media dengan satu set lengkap alat untuk audio realtime dan pemrosesan video.Qimo 4 Kids permainan edukatif untuk anak usia 3 dan ke atas. Ubuntu berbasis dengan mudah menggunakan antarmuka.
72. Sabily Ubuntu
            distribusi berbasis bagi umat Islam (sebelumnya Ubuntu Muslim Edition).
Spri Ringan Ubuntu turunan menggantikan GNOME lingkungan desktop dengan window manager IceWM ringan. Dirancang untuk penuaan dan perangkat keras komputer bertenaga rendah. Menguap pada 2011
73. Super OS
           
 Bertujuan untuk memberikan 'di luar kotak' pengalaman, yang berisi berbagai peningkatan di atas Ubuntu.
74. Trisquel Sepenuhnya perangkat lunak bebas, yang didasarkan pada Ubuntu.
75. Turnkey Linux Virtual Appliance
            Perpustakaan Buka proyek sumber mengembangkan keluarga bebas, Ubuntu berbasis peralatan dioptimalkan untuk kemudahan penggunaan di server-jenis skenario penggunaan.
U-lite Memiliki tujuan utama menjadi sangat ringan memakan sumber daya perangkat keras. Versi terakhir menggunakan lingkungan desktop LXDE. Hal ini sebelumnya disebut Ubuntulite.
76. UberStudent
             Untuk pendidikan tinggi dan siswa sekolah lanjutan, mereka yang mengajar mereka, dan pembelajar seumur hidup.
77. Vinux Sebuah distribusi Linux dirancang untuk pengguna tunanetra.

78. XBMC
            Hidup Sebuah sistem operasi tertanam dengan XBMC Media Center yang dirancang untuk membuat komputer menjadi alat media center khusus.

79. Ylmf OS Berdasarkan Ubuntu dan menggunakan Windows XP seperti desain.
80. Zentyal
            (dahulu bernama eBox) Ubuntu Server dengan antarmuka berbasis web ditargetkan pada usaha kecil; Router / Firewall dan NAS / PDCMirip dengan BeOS ZevenOS, dengan beberapa utilitas tambahan
81. Aurora
            Secara spesifik untuk sejenis netbook PC Eee, yang berbasis Debian. Sebelumnya bernama Eeebuntu dan berbasis Ubuntu.
            Distribusi berbasis Ubuntu untuk pembangunan Beowulf clusters.
Asturix Distribusi yang berbasis Ubuntu dipersembahkan untuk orang yang baru di Linux.
83.  Baltix
             Distribusi berbasis Ubuntu untuk masyarakat Lithuania dan Latvia. Didukung dengan menggunakan Bahasa Lithuania, Latvia, Estonia, Rusia, Inggris, Norwegia, dan bahasa-bahasa lain di wilayah Baltik. Bahasa utamanya adalah Bahasa Lithuania
84.  BackTrack
 Dikembangkan oleh Offensive Security dan didesain untuk penetration testing.
 BlankOn Distribusi yang berbasis Ubuntu untuk pengguna Linux di Indonesia. Dikembangkan oleh Yayasan Penggerak Linux Indonesia.
85.  Buildix
            Distribusi Linux yang berbasis Ubuntu yang dikembangkan oleh Global IT professional service firm, ThoughWorks, untuk pengembang yang tangkas.
 Sebuah distribusi berbasis Ubuntu dilengkapi dengan winow manager Enlightenment dan ditujukan bagi pengguna yang menginginkan penginstalan software minimal.
             diarahkan ke produksi multimedia (audio dan video), tetapi terdapat dengan aplikasi spesifik non-media (seperti: pengolah kata, desktop publisher).
             Sebuah distribusi yang disesuaikan untuk pengguna penutur bahasa Cina yang termasuk pra-konfigurasi aplikasi berbahasa Cina.
 Percabangan dari Ubuntu yang didesain untuk netbook.
            Distribusi turunan Xubuntu, yang dibuat untuk Home theater PC. Fluxbuntu Distribusi turunan Ubuntu yang ringan dan dilengkapi dengan Fluxbox window manager.
            Dirancang bagi pengguna yang menginginkan menggunakan free software. Secara resmi gNewSense didukung dan direkomendasikan oleh Free Software Foundation (Yayasan Perangkat Lunak Bebas). Proyek ini telah memproduksi satu set skrip yang membuat semua orang dapat menciptakan distribusi bebas. Pada tahun 2011, gNewSense akan didasarkan pada Debian tidak Ubuntu lagi.
             Distribusi Linux berbasis Ubuntu, yang digunakan secara internal oleh Google. Tidak tersedia di luar lingkungan Google.
 93. gOS
            Menggunakan lingkungan desktop GNOME dengan perangkat tambahan interface pengguna guna membuatnya bekerja seperti Mac OS X, gOS juga dilengkapi Google Apps, Picasa, Google Gadgets, dan aplikasi berbasis web yang lain. Tersedia pula Wine pada pra-installan.
             Distribusi berbasis Ubuntu yang dipromosikan oleh pemerintah lokal Andalucia, Spanyol, untuk penggunaan di rumah dan di sekolah.
95. Hiweed Distribusi Linux
            dari Cina yang berbasis Ubuntu. Fiturnya antara lain prakonfigurasi aplikasi berbahasa Cina, seperti metode input bahasa Cina (aksen sederhana), kamus bahasa Cina-bahasa Inggris dan bahasa Inggris-bahasa Cina, dan huruf Cina (aksen sederhana).
             Bermula dari Ubuntu dan MythTV, menyediakan aplikasi-aplikasi untuk rekaman televisi dan akting sebagai media center.
            Dasarnya adalah Ubuntu untuk menyediakan aplikasi open-source (sumber terbuka) untuk membuat kreasi multimedia seperti kreasi audio, video, dan pengeditan grafis.
98. Kubuntu
            Turunan resmi dari Ubuntu yang mempergunakan KDE sebagai lingkungan desktopnya daripada GNOME atau Unity, yang dipergunakan pada Ubuntu yang standar.
99. Lubuntu
             Lubuntu adalah proyek dari turunan resmi sistem operasi Ubuntu yang lebih cepat, tidak membutuhkan banyak sumberdaya dan memakan energi yang lebih efisen. Lubuntu menggunakan
100. LXDE sebagai lingkungan desktopnya.[1][2]
 "Just Enough OS" - dideskripsikan sebagai "varian yang efisien [...] dikonfigurasi secara spesifik untuk aplikasi virtual
102. Ubuntu Mobile Sistem
            operasi yang tertanam didesain untuk digunakan pada perangkat ponsel. Sistem operasi akan menggunakan Hildon dari maemo sebagai tampilan grafis.
            Diluncurkan pada tahun 2008, Edisi Netbook adalah turunan resmi dari Ubuntu yang didesain untuk netbook yang menggunakan prosesor Intel Atom. Mulai dari Ubuntu 11.04 (Natty Narwhal), Ubuntu Netbook Edition telah digabungkan dengan desktop edition.
             Turunan resmi dibuat untuk digunakan sebagai server. Ubuntu Server menangani mail, kendali printer, tindakan-tindakan sebagai server, dapat melayani LAMP, dan masih banyak lagi yang lain.
105. Ubuntu TV Didesain
            untuk digunakan bersama Televisi. Ubuntu for Android Didesain untuk digunakan bersama-sama dengan ponsel berbasis Android. Xubuntu Turunan resmi Ubuntu yang menggunakan Xfce.
Xubuntu dimaksudkan untuk digunakan pada komputer yang kurang powerful (komputer dengan mesin tua) atau dia menggunakan lingkungan desktop yang sangat efisien, pada sistem yang cepat, dan kebanyakan menggunakan aplikasi GTK+.
106. OpenGEU
            OpenGEU merupakan sebuah distro berbasis Ubuntu yang menggunakan GNOME dan Enlightenment sebagai window manager. Lumayan Keren.
107. UbuntuME [Muslim Edition]
            Ubuntu Muslim Edition diciptakan untuk memfasilitasi kaum Muslim dalam menggunakan Sistem Operasi yang siap pakai, dan dilengkapi dengan aplikasi seperti Al-Qur'an, pengingat sholat, Hadits dan lain sebagainya.
108. UbuntuCE [Christian Edition]
            Dirilis oleh komunitas Nasrani, untuk para pemeluk agama Nasrani. UbuntuCE sudah dilengkapi dengan Bible dan aplikasi lainnya.
109. Ubuntu Satanic Edition
            Dari namanya sudah ketahuan 'kan? Bagi yang menyukai hal hal yang berbau seperti ini, apa salahnya memakai Ubuntu SE
110. CrunchBang
            Varian Ubuntu dengan Openbox-window manager yang ringan serta dilengkapi dengan aplikasi GTK + yang dikembangkan dari minimal Ubuntu dan dirancang untuk menawarkan keseimbangan dan fungsi yang baik.
111. Trustix Merdeka
merupakan sebuah distribusi Linux untuk desktop dengan mengambil basis Trustix Secure Linux.
Dengan penekanan pada security, paket-paket aplikasi yang disertakan di dalam Trustix Merdeka merupakan paketpilihan, dengan auditing yang cukup ketat untuk setiap sumber yang disertakan. Distribusi Made in Indonesia inibertujuan lebih dari sekedar distro Linux saja. Ditargetkan menjadi jalur komunikasi masyarakat Linux dan IT. BahasaIndonesia yang digunakan dapat dikatakan sebagai faktor pemersatu. Trustix Merdeka terhenti pengembangannya sejak
Maret 2003.

112. Bijax,
             adalah sistem Linux sendiri yang dikembangkan pada mulanya berdasarkan inuxfromscratch. Bijax dapat dibuatuntuk promosi linux, bisa juga digunakan bagi yang mau kenal linux, tapi enggak mau install, distro ini tidak mendukungjaringan.

113.  WinBI
            adalah perangkat lunak yang berisikan aplikasi umum berbahasa Indonesia. Dengan Software RI diharapkanmengejar ketertinggalan adopsi teknologi komputer secara luas di masyarakat, selain itu dimungkinkan untuk digunakanpembelajaran bahasa asing dalam teknologi komputer.




114. Rimbalinux
             dilatarbelakangi minimnya distro buatan Indonesia, minimnya semangat kerjasama dalam komunitas LinuxIndonesia, dan belum ada distro yang mewakili identitas Indonesia, maka distro Rimbalinux dibuat sebagai distro Linuxdesktop ringan yang bisa dikembangkan (expandable lightweight linux desktop distribution).

-TrustCafe
             adalah distribusi Linux yang dibuat oleh ATLANTIS INDONESIA bagi yang ingin membuat Warung/KafeInternet, namun tidak mau dipusingkan dengan Sistem Operasi. Sistem ini ini memiliki modul billing sistem yangterintegrasi dengan TrustCafe. Distro ini menjadi bonus majalah InfoLinux edisi November 2002

115. ROSe
             sebuah distro turunan Knoppix yang di-remaster dengan aplikasi khusus oleh RAB Indonesia. Terdapat dua edisi yang sempat beredar, yaitu edisi Game (dipaket bersama Buku Mini InfoLinux edisi Game), dan edisi Kasir/PoS(bonus majalah InfoLinux edisi Maret 2004).

116. LinuxSehat
            merupakan sebuah program komunikasi (kampanye) penggenalan Linux bagi para pemula, merupakanrepackaging dari Knoppix, yang dibagokan secara gratis untuk menyambut pemberlakuan UU Hak Cipta tahun 2003.

117. Komura
            adalah sistem jaringan server dan klien yang lebih murah karena sudah disertai sistem operasi tersendiri Komura sudah memiliki cukup banyak aplikasi untuk penggunaan internet, perkantoran hingga game. Pengguna komputer tinggal menyesuaikan pilihan aplikasi dengan kapasitas hard disk yang dimilikinya. Distro ini menjadi bonus majalah InfoLinux edisi Januari 2004.

118. BlankOn 1.0
             distro Linux berbasis Fedora Core yang dikembangkan oleh Yayasan Penggerak Linux Indonesia (YPLI).Tujuan pengembangan BlankOn Linux adalah menghasilkan distro Linux yang sesuai dengan kebutuhan pengguna komputer umum di Indonesia. Yayasan Penggerak Linux Indonesia (YPLI) bekerja sama dengan UNESCO dan komunitas Linux lainnya telahmengembangkan BlankOn Linux 1.0 ini menjadi sistem operasi yang lengkap berbasis http://prayudi.freecoolsite.com - ad-12 Labs Powered by Mambo Generated: 5 December, 2007, 06:54 Fedora Core 3 yang memanfaatkan software open source.

119. InulLinux
             sebuah distro berbasis MoviX, live CD yang akan langsung menjalankan MPlayer setelah booting, khusus
edisi ini menampilkan video klipnya Inul bergoyang ngebor

120. DollyLinux
            distro berbasis Fedora Core (info diperoleh dari situs Mas Made di atas, info lebih lanjut belum ditemukan)

121. Waroeng IGOS
            diprakarsai oleh Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Kementerian Riset dan
Teknologi, Departemen Komunikasi dan Informatika, Asosiasi Warnet Indonesia, Pasifik Satelit Nusantara dan Universitas Gunadarma.Aplikasi 'Waroeng IGOS' mencakup kebutuhan aplikasi warnet 1 server untuk 3-10 klien, PC desktop, aplikasi office,web browser, mail server serta manajemen dokumentasi. Khusus untuk aplikasi office, dikembangkan oleh Institut Teknologi Bandung.WaroengIGOS terdiri atas 3 CD: Server (install) yang berbasis Fedora, Server (live

122. Diskotix
             merupakan distro Linux mini yang muat dalam 1 (satu) Floppy Disk 1,44 MB lengkap dengan aplikasi editor teks, spreadsheet, kalkulator, game, dan utility. Antarmukanya menggunakan menu, tanpa harus login. Diskotix berisi:kernel Linux 2.2, editor E3 (mirip WordStar), spreadsheet SC, game Tetris, Snake, dan Gomoku, Ash shell, Busybox, dan utility fdisk dan mkdosfs. Tersedia juga antarmuka command-line.

123.  SLAMPP
            merupakan distro yang dapat digunakan sebagai live CD atau instalasi, untuk membuat sebuah serverdengan cepat. Dengan catchphrase "Simple Solution for Home Server", distro ini berbasis SLAX, sebuah distro live CDhttp://prayudi.freecoolsite.com - ad-12 Labs Powered by Mambo Generated: 5 December, 2007, 06:54berbasis Slackware.

124. Pinux, atau POinter Linux
            sebuah distro berbasis RedHat 9 yang dikembangkan oleh Warnet Pointer Semarang,untuk mengganti sistem operasi di warnet akibat penyitaan komputer bersistem operasi Windows.

125. Linux Ampera
             adalah distro Linux yang dikembangkan oleh Pemerintah Propinsi Sumatera Selatan bekerja samadengan Digital Kreasi. Tujuan pembuatan linux ampera ini adalah untuk memperkenalkan apa dan bagaimana linux itu.CD Linux Ampera 2 ini di-remaster dari distribusi linux Knoppix dengan penambahan/pengurangan aplikasinya, serta dibuat bernuansa Ampera.

126. Pazia Linux (d.h. PacerLinux)
            Asosiasi Perusahaan Komputer Indonesia (Apkomindo) memiliki cita-cita besar, yaitu
memperluas pengguna sistem operasi open source di Indonesia. Ini kaitannya pada daya beli masyarakat Indonesia yang dianggap belum cukup kuat. Untuk inisiasi awal program Open Source Movement (OSM) tersebut, Pazia, salah satu distributor Acer untuk produk notebook Aspire dan Ferrari, menjadi sponsornya.

127. IGOS Nusantara 2006
            adalah aplikasi desktop yang merupakan distro Linux berbasis Fedora Core 5, dengan
kemampuan untuk membuat/mengedit dokumen, database, spreadsheet, file grafis, maupun akses internet, chatting dane-mail.Aplikasi yang terinstall dalam IGOS Nusantara 2006 antara lain : sistem operasi (Linux), aplikasi perkantoran (OpenOffice 2.0.2), Web Browser (FireFox), E-mail Client (Evolution); Chatting (GAIM), pengolahan grafis (GIMP)

128. PC Linux Fiesta
             merupakan salah satu solusi aplikasi desktop yang berbasis PC Linux untuk memenuhi kebutuhanakan pengguna pemula yang menginginkan OSS 'user friendly'. Dikembangkan oleh pengembang lokal atas inisiatifnyauntuk mendukung Program IGOS. Distro ini dapat diperoleh dengan bebas dengan lisensi GPL.
129.  CHIPLux
            distro live DVD berbasis PC Linux, yang berbasis PCLinuxOS yang didistribusikan majalah CHIP Indonesia sebagai bonus edisi September 2006. Kuliax, Kuliax 6.0 adalah distribusi sistem GNU/Linux untuk pendidikan diUniversitas, khususnya Program Studi Teknologi Informasi atau yang berhubungan seperti Teknik Elektro (TE) konsentrasi Sistem Komputer dan Informatika, Teknik Informatika (TF), Ilmu Komputer (IK), dan lain-lain. Walaupunbegitu, distro ini dapat pula digunakan padaProgram Studi/Jurusan lain yang membutuhkan perangkat lunak untuk melakukan komputasi
seperti Statistik dengan R-base, Pemodelan dengan Octave, dan lain-lain.
130. Depdiknux
            DEPDIKnux adalah distro linux yang di kembangkan oleh Departemen Pendidikan Nasional yang berfungsi sebagai fasilitas untuk menyukseskan program Jaringan Pendidikan Nasional DEPDIKnux di-develop / di-remaster dari Linux Debian dengan installer knoppix oleh saudara Hafidz salah seorang Mahasiswa STBA Bandung.Distro ini adalah turunan KNOPPIX-4.0.2 yang telah di buat ulang untuk keperluan JARDIKNAS.

131. LiGOS AWALIi
 Distro AWALI merupakan turunan Slackware yg telah dicustomisasi sedemikian rupa sehingga diharapkan pengguna awam pun tidak akan sulit untuk menginstall distro ini (Proses instalasi menggunakan bahasa Indonesia). LiGOS sendiri adalah grand project yang nantinya diharapkan dapat mencakup semua kebutuhan migrasi, tidak hanya untuk warneter saja melainkan instansi, perusahaan maupun profesional.

132. ZenCafe
adalah kelanjutan dari LiGOS, dan merupakan subproject dari distro ZenWalk. Tidak jauh berbeda dengan“orang tuanya”, Zencafe dianjurkan untuk digunakan di komputer kelas bawah. Idealnya Pentium II dengan RAM 128.Menggunakan window manager XFCE, hampir mirip Gnome, hanya saja lebih ringan dan kurang begitu canggih.

133. Sindos (Sistem Operasi Indonesia)
merupakan sistem operasi berbasis Debian GNU/Linux yang memusatkan diri
untuk penggunaan sehari-hari.Sindos dirancang untuk Anda yang terbiasa menggunakan Win XP dan ingin merasakan keandalan sistem operasiGNU/Linux.

 134. targeT GNU/Linux (selanjutnya disebut targeT Linux)
adalah distribusi linux yang sesuai namanya dikhususkansebagai “target/sasaran” hacking. Distro Linux ini dapat dijalankan langsung dari CDROM / Live CD maupun dari USBDisk / Live USB. Komputer yang menjalankan distro ini nantinya akan berperan sebagai server target alias server
“korban”. Target dan korban disini maksudnya sebagai server yang menjalankan service-service yang diketahui memilikibug, cacat alias kelemahan didalam sistemnya. Kelemahan - kelemahan inilah yang nantinya digunakan oleh client /attacker untuk “menguasai” server targeT. Distro ini merupakan turunan dari Slackware 11, dan dibuat denganmenggunakan script dari linux-live.org. Script yang sama digunakan untuk membangun distro Backtrack.

135. Dewalinux
 merupakan Distribusi Linux hasil re-master dari distro Ubuntu 7.10 Gutsy Gibbon, yang dikemas lebih “userfriendly” sehingga memudahkan untuk pengguna baru Linux yang telah terbiasa dengan #indows. Selain edisi umum,Dewalinux juga dikembangkan untuk kebutuhan-kebutuhan khusus:

136. Dewalinux Edisi Exclusive
dibuat dengan kemasan khas Pemesan, dengan logo, slogan, visi/misi organisasi, dsb.

137. Dewalinux Edisi Warnet
 dibuat dengan fitur-fitur sesuai kebutuhan operasional warnet, termasuk billing system, dan aplikasi-aplikasi yang umum digunakan oleh warnet.
138. Linux GSI
adalah sebuah sistem operasi yang berbasiskan Linux dan dibangun atas aplikasi yang bersifat OpenSource, yang digunakan sebagai perangkat di lingkungan pemerintah dalam menerapkan GSI (Government SecuredIntranet) atau Jaringan Komunikasi Pemerintah Tertutup.Linux GSI berisi aplikasi-aplikasi GSI sehingga memungkinkan pengguna atau pelanggan GSI bisa langung terhubungke jaringan GSI. Aplikasi tersebut antara lain VPN, VoIP, SIAS, SMS Gateway, dan aplikasi tambahan lainnya sepertiOpenOffice, GAIM, GIMP, Firefox, Evolution, Minbar (Aplikasi pengingat shalat), Zekr (Aplikasi pembelajaran Al-Qur'an).
139. MkLinux distro
untuk PowerPC, menjalankan Linux kernel sebagai server di atas Mach microkernel)
140. Mobilinux (buatan Montavista untuk smartphones)
141. MontaVista Linux (embedded systems distro buatan MontaVista Software)
142. NASLite (distro floppy-disk untuk menjalankan perangkat Network Attached Storage / NAS)
143. Nitix (autonomic server buatan Net Integration Technologies Inc.)
144. OpenWrt (embedded firewall)
145. Pardus
 (buatan Turki; menggunakan sistem manajemen paket PISI, dan COMAR configuration framework)
146. PS2 Linux (distro Sony Computer Entertainment unuk PlayStation 2 video game console)
147. Rocks Cluster Distribution (untuk computer cluster = gabungan beberapa komputer menjadi satu super komputer)
148. rPath (menggunakan sistem manajemen paket Conary)
149. Sentry Firewall (firewall, server sistem)
150. Softlanding Linux System (salah satu distro tertua, dibangun tahun 1992-1994; basis awal 
sumber: http://ciie-dunia.blogspot.com

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment